Tuesday, September 9, 2008

am I lucky or simply deserve it?

Dear Luv,

As am sitting in this building, I realize that am part of a system, an educational system, a high educational system. As am sitting in this building and using its free and wireless internet access, I realize that am part of a high-cost educational system. Am I lucky or I deserve it?

Ada dua perbedaan besar antara being lucky dan deserve it yang seringkali tidak dianggap orang sebagai suatu masalah. Bagiku itu adalah sebuah masalah. I am lucky, karena aku punya kesempatan dan akses untuk duduk dan terlibat dalam sistem ini. I deserve it, karena aku berjuang keras untuk berada dan terlibat di sini. Lalu di mana masalahnya?

Bagi jutaan manusia berkualitas lainnya yang tidak seberuntung aku meskipun mereka deserve to be here, ini adalah sebuah masalah. Bukan suatu kesalahan kodrati ketika seseorang tidak memiliki keberuntungan meskipun mereka layak mendapatkannya. Ada sebuah sistem yang salah di sini. Ada sebuah sistem yang memunculkan jarak dan dinding pembatas yang kokoh. Ada sebuah sistem yang menghalangi kelancaran arus "keberuntungan dan kelayakan". Dan sistem itu harus diruntuhkan.

... dan aku merenung bersama mereka yang lucky enough to be here without knowing why we are damn lucky sambil menunggu 76 membawaku pulang ke sebuah sistem yang lain.


luv,
-onk-

No comments:

Post a Comment